Perhotelan

Perhotelan merupakan Program Keahlian yang berisi kompetensi perhotelan pada konsentrasi keahlian Perhotelan.

Mata pelajaran Perhotelan mempelajari berbagai kompetensi pada front office, housekeeping, serta food and beverages service.

Pada setiap kompetensi yang ada pada mata pelajaran Perhotelan berisi pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik.

Kompetensi peserta didik konsentrasi keahlian Perhotelan, antara lain memiliki keterampilan melaksanakan tugas menyediakan layanan Front Office seperti layanan reservasi, layanan porter, layanan akomodasi reception, memberikan layanan melalui telepon, memberikan informasi yang dibutuhkan tamu.

Kompetensi di bidang housekeeping seperti memiliki keterampilan untuk melaksanakan pembersihan public area secara benar, pembersihan dan penataan kamar, penanganan laundry, dan penyediaan rangkaian bunga.

Kompetensi pelayanan makanan dan minuman terdiri dari menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman, menyediakan room service, kebersihan peralatan makan dan minum.

Mata pelajaran Perhotelan bermanfaat untuk:

a) sarana pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan perkembangan teknologi dan dinamika layanan yang digunakan di industri perhotelan,

b) memberikan pengalaman belajar peserta didik sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja,

c) membangun dan menerapkan budaya dunia kerja bagi peserta didik,

d) sebagai sarana kegiatan usaha bagi peserta didik,

e) mengembangkan kreativitas dan inovasi bagi peserta didik,

f) menyiapkan peserta didik untuk mendapatkan pengakuan dalam bentuk sertifikat kompetensi, dan

g) menerapkan produktivitas/kinerja dari dunia kerja.